Salam Para Pembaca blog
Semoga semuanya sehat-sehat ya.
Kali ini saya ingin mengulas lamaran kerja yang baik dan benar guna untuk melamar pekerjaan. surat lamaran kerja ada banyak versi, ini hanya salah satu contoh saja, yang mau silahkan di copy paste dan edit data yang di perlukan. bisa di ketik di komputer atau di salin menjadi tulisan tangan.
Mengirim lamaran kerja via online / email banyak yang melakukan kesalahan, di antaranya tidak adanya isi surat dalam email tersebut. melainkan hanya melampirkan CV, ijazah, KTP, dll. namun tidak ada surat lamaran pekerjaan di body emailnya. sehingga pihak HRD tidak begitu melirik karena di anggap tidak serius dalam melamar pekerjaan.
Menulis surat lamaran kerja sebaiknya mengikuti kaidah bahasa indonesia yang baku, sehingga tidak salah di artikan. konten dalam surat lamaran pekerjaan meliputi: harus adanya tempat dan tanggal surat, kepada HRD PT apa?
jika sudah tau PT ABC dan alamatnya dimana, maka sebaiknya di tulis nama PT nya dan alamanya. hal ini dapat memberikan nilai tambah bagi HRD karena sudah berasa kenal akrab dengannya.
Nama PT dan Alamat bisa di cari di google.
Jelaskan secara rinci dan terbatas di body suratnya mengenai identitas pelamar, dapat informasi lowongan pekerjaan dari mana, apa dari WA, apa dr FB, apa dari selebaran Kertas dll. Jelaskan maksud tujuan kirim email dengan bahasa yang sopan.
Berikut ini adalah salah satu contoh kiriman email surat lamaran pekerjaan:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tangerang, 12 April 2022
Perihal
: Lamaran Pekerjaan Staff Accounting
Lampiran : -
Kepada YTH
Bagian HRD PT Revo International
Industry
Di Curug Tangerang.
Assalamualaikum, wr. wb
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari grup Whatsapp bahwa pada perusahaan yang bapak atau ibu pimpin yaitu PT. Revo International Industry yang berlokasi di jalan Cukang Galih, Curug, Tangerang, saat ini membutuhkan sejumlah karyawan baru untuk mengisi posisi yang sedang di butuhkan saat ini.
Sehubungan dengan hal tersebut,
perkenankan saya mengajukan diri (melamar kerja) sebagai salah satu karyawan di perusahaan ini.
Adapun sebagai
bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan data pribadi saya:
Nama
: ABC,
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta,
10 Mei 1990 (32 Tahun)
Jenis Kelamin
: Laki-Laki
Pendidikan
Terakhir
: SMK Akuntansi
No Telepon / Email
: +6283870939124 / Farkhanmubarok@gmail.com
Sebagai bahan pertimbangan berikut ini saya lampirkan persyaratan yang dibutuhkan pada attachment email yang, surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup dan dokumen pendukung lainnya.
Saya memiliki kondisi kesehatan yang
baik dengan teratur hidup sehat dan berolahraga, aktif berbahasa inggris baik
lisan maupun tulisan dan latar belakang pendidikan saya serta pengalaman kerja
cukup memuaskan serta memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik dengan ikut
aktif dalam berorganisasi, sehingga dapat bekerjasama baik dalam team maupun
individu.
Atas perhatian dan kesempatannya saya sampaikan terima kasih.
Wassalamualaikum, wr wb.
Hormat Saya,
(ABC)
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
0 comments:
Post a Comment