Sunday, March 16, 2014

pengalaman donor darah

mungkin awalnya memang baru pertama kali dan juga coba-coba, awalnya sih karena dapat undangan dari PMI melalui temen di BEM STMIK GLOBAL. ajakan untuk melakukan donor darah bersama mahasiswa se Tangerang raya, yang bertempat di Stikes husada insani perumnas 3 karawaci,
donor darah ini adalah pengalaman pertama buat saya karena sebelumnya memang belum pernah melakukan tes darah atau donor darah, jadi awalnya memang di niatkan buat sekedar tau aja sebenarnya darah saya itu apa, dan akhirnya disarankan juga untuk sekalian melakukan donor darah, setelah melakukan berbagai tes medis yang akhirnya di nyatakan lolos untuk mengikuti donor darah karena tekanan darah dan homoglobin (hb) yang pas. yaitu 130/90 dengan jenis darah O.
langkah-langkah untuk mengetahui jenis darah,
1. mengisi form pendaftaran untuk mengisi riwayat kesehatan selama 6 bulan terakhir,
2. di oleskan cairan di kapas ke jari manis tangan kanan bagian ujung (jari dalam)
3. alat suntik berwujud seperti pulpen yang ada per nya (pulpen ceklekan)
4. kemudian di suntikan ke jari kita, persis seperti dia menceklekan pulpen buat nulis. (rasanya oohh now,,,, sakit banget, dan sempet sok juga melihat darah yang mengalir akibat suntikan tadi)
5. darah yang mengalir kemudian di masukan kedalam suatu wadah untuk mengetahui jenis apakah darah yang di miliki oleh aku ini.
6. dan kemudian menyatakan bahwa darah ku adalah O. (hatiku merasa seneng banget karena dapat membantu semua yang membutuhkan darah)

kemudian setelah tes darah, disarankan oleh dokter untuk melakukan donor darah sekalian, di ruang yang terpisah kemudian saya bersama teman-teman yang saat itu ikut menuju keruangan yang disarankan tadi,
kemudian menyerahkan hasil pemeriksaan darah yang tadi kepada petugas donor darah, dan dikasih no antrian untuk melakukan donor. setelah antriannya di panggil, nah saat itulah yang paling menegangkan dimana saya disuruh berbaring untuk pengambilan darahnya,
langkah-langkah pengambilan darah buat donor darah :
1. rebahkan badan di tempat yang disediakan
2. pastikan tenaga dan mood lagi baik, dan posisikan tangan mana yang akan di ambil (tangan kanan atau kiri)
3. setelah mantap dengan pilihanku, kemudian di periksa lagi tekanan darah untuk memastikan lagi untuk diambil darahnya.
4. setelah semuanya ok, kemudian dari pihak dokternya akan memerintahkan untuk mengepalkan tangannya, rilex badanya, dan tarik nafas pada saat jarum suntik di suntikan ke tanganku.
5. dan cuuuuusss tertancaplah jarum suntik itu di tangan kananku,
6. rasanya sih gak terlalu sakit jika dibandingkan suntikan yang tadi di tangan itu,
7. ehh lama2 pegel juga ya ternyata setelah di ambil darahnya, karena sudah lama juga, (ehh ternyata darahku yang diambil adalah 1 kantong yang ukuranya double.) pantesan lama ya,,,
8. setalah kantong itu penuh, kemudian selah itu di putus dari tanganku, kemudian di olesi betadine buat obat luka bekas lubang jarum tadi.
9. kemudian setelah selesai di handsaplas tangannya dan dikasih makanan buat panambah darah.

setelah teman-teman semua selesai dan kamipun pulang lagi ke kampus,,,

sekian dulu pengalaman ceritaku saat donor darah yg pertama kalinya,
terimakasih telah membacanya, :)
Share:

0 comments:

Post a Comment

jumlah pengunjung

BTemplates.com

Search This Blog

Powered by Blogger.

Translate

about us

My photo
Tangerang, Kota Tangerang, Indonesia
Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, senang bermain komputer atau laptop.