Friday, April 22, 2016

11 Cara memanage waktu untuk kamu yang ingin kuliah sambil kerja

Meneruskan pendidikan memang menjadi impian hampir setiap orang, tidak terkecuali bagi mereka yang berada di ekonomi menengah kebawah. Pendidikan diyakini dapat menjadi jembatan untuk memutuskan tali kemiskinan dan dapat merubah nasib di kemudian hari.

Banyak cara yang dapat dilakukan ketika keingingin untuk melanjutkan pendidikan di jenjang kuliah namun tidak didukung secara penuh oleh keuangan keluarga. Cara tersebut bisa di akali dengan bekerja dahulu untuk mengumpulkan sejumlah uang agar dapat masuk ketika daftar ulang dan mampu survive ketika sudah berjalan nanti. Kuliah sambil kerja mungkin lagi ngetrend untuk dikalangan kota-kota besar dimana tuntutan requirement dari tempat kerja yang hendak dilamar mengharuskan seseorang mempunyai ijazah minimal S1. Maka dari itu alternatif terbaik untuk bisa kuliah lagi yaitu dengan cara bekerja.

Dengan melihat peluang serta kebutuhan para pekerja di kota-kota besar maka banyak bermunculan kampus-kampus yang menyediakan kelas khusus karyawan, seperti kelas malam, kelas shift, kelas sabtu - minggu. Yang sudah jelas pangsa pasar mereka adalah calon profesional kerja yang membutuhkan akses pendidikan untuk mengupgrade nilai jual dengan standar S1 yang mereka punyai.

Baiklah saya akan membahas bagaimana cara mengatur waktu antara bekerja, kuliah dan organisasi berdasarkan pengalaman penulis.

1. Lihatlah jadwal kerjamu, apakah kerja sebagai karyawan non sift, kena sift atau libur ketika sabtu minggu, hal ini bisa dimanfaatkan untuk mencari kampus yang mereka buka ketika waktu luang kerjamu, sehingga kamu bisa menikmati kuliahmu setelah pulang kerja / ketika sabtu minggu.

2. Apabila ada tugas kuliah segera kerjakan, jangan menunda-nunda karena hal ini akan menjadi males ketika sudah lama gak dikerjakan, dan bisa jadi lupa pula cara dan perintah apa saja yang disuruh sama dosennya.

3. Bagi waktumu untuk tidur cukup waktu, kenapa karena ini merupakan suatu cara untuk tetap menjaga daya tahan tubuhmu tetap sehat.

4. Kerjakan tugas-tugas kuliahmu di mulai dari hal-hal yang paling mudah dan deadline yang paling dekat.

5. disamping tidur yang normal, Seimbangkanlah pola makan yang sehat untuk tetap bisa fit di tempat kerja dan kuliahmu.

6. Jangan kebanyakan mainan hp, hal ini merupakan salah satu dari penyebab tugas kuliah kamu tidak selesai-selesai.

7. Sebagai seseorang yang mempunyai status ganda yaitu pekerja dan mahasiswa, kamu harus pinter bagi-bagi waktu untuk sekedar hangout sama teman-temanmu. Hang out untuk mengurangi stress memang boleh, tapi harus ingat waktu.

8. Masih mengenai waktu, setiap orang punya waktu yang sama yaitu 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, terapkan pola pemikiran "dia bisa mengerjakan hal itu dengan berbagai kesibukannya, kenapa saya tidak bisa". Waktu sama-sama 24 jam sehari. Ayo belajar lagi.

9. jika kamu pingin aktif di organisasi semacam BEM, UKM, Organisasi lain diluar kampus, bisa saja asalkan kamu bisa memanage waktu kamu sebaik mungkin, pengalaman penulis, waktu itu saya bisa bergabung di BEM, menjadi Wakil ketua, gabung di DEMA jadi ketua, gabung di UKM bahasa ingris jadi wakil ketua, dikelaspun masih tetap aktif menjadi ketua kelas. Sekilas mengenai manajemen time yang pernah saya terpakan untuk tetep bisa eksis di dunia kampus. Atur waktumu sebaik mungkin.

10. Sesuaikan budget yang kamu punyai. Jangan mentang-mentang punya budget yang tinggi dengan hasil kinerja sendiri sehingga memilih kampus yang mempunya high style yang tinggi, hal ini akan membuat kamu kalang kabut untuk mengimbanginya. Alhasil fokus kuliahpun akan terpecah sehingga IPKmu tidak akan maksimal.

11. Pilih kampus yang membuka jurusan sesuai dengan minat kamu. Hal ini akan sangat berpengaruh ketika ada tugas dan masa depanmu, dimana kamu akan senang mengerjakan tugas kuliah kamu ketika mata kuliahnya ternyata sama dengan apa yang kamu minati. Jangan blunder memilih jurusan lain karena itu akan menyiksa diri sendiri untuk bisa survive.

Demikianlah hasil yang bisa saya share kali ini, mudah-mudahan dapat share lagi di lain kesempatan.
Selamat pagi.... ☺
Share:

0 comments:

Post a Comment

jumlah pengunjung

BTemplates.com

Search This Blog

Powered by Blogger.

Translate

about us

My photo
Tangerang, Kota Tangerang, Indonesia
Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, senang bermain komputer atau laptop.