Monday, October 23, 2023

Plus Minus Kuliah Di Unpam (Universitas Pamulang)

Salam sukses para pembaca.

.

Dalam hal ini saya kembali untuk membahas unpam, ini berdasarkan apa yang saya rasakan sebagai mahasiswa tingkat pertama di unpam. tidak berlaku juga buat mahasiswa lain, karena setiap mahasiswa pasti merasakan hal-hal yang berbeda. bisa mengenai jurusan, bisa mengenai dosen, fasilitas kampus, bisa mengenai teman dan relasi dll.

.

Plus nya kuliah di unpam:

1. Pilihan kelas yang banyak sehingga bisa menyesuaikan bagi calon mahasiswa yang sambil kerja bisa buat kuliah. (kelas ada pagi senin-jumat, kamis aja, sabtu aja, malam senin-jumat)

2. Biaya kuliah relatif murah (terjangkau untuk semua kalangan, terutama yang punya penghasilan terbatas, karena S1 hanya 200k per bulan, S2 hanya 400k per bulan, kampus mana yang bisa nandingi biaya kuliah di unpam)

3. Gedung megah milik sendiri, (tidak khawatir suatu hari mau minta legalisir ternyata kampusnya sudah tutup karena habis masa sewanya)

4. Fasilitas parkir sudah pakai kartu pelajar, memudahkan mahasiswa untuk parkir di dalam gedung.

5. Gedung unpam keren-keren dan tersebar ke beberapa titik. sehingga mahasiswa dapat memilih jurusan sesuai dengan jarak kampus yang paling dekat dengan tempat tinggalnya, lagi-lagi bisa untuk menghemat biaya.

6. Ada beberapa dosen yang bekerja di Kemendikbud, di BRIN yang memang merupakan kumpulan orang-orang terpintar di indonesia

7. Print dan fotokopiannya banyak ada di dalam kampus, enak banget karena ada kebutuhan print dan fotokopi deket.

8. Banyak tempat makan-minum di lingkungan sekitar kampus yang enak buat nongkrong sama temen kelas buat ngerjain tugas bareng.

9. Banyak kosan di lingkungan kampus yang harga per bulannya relatif murah.

10. Unpam merupakan kampus dengan peringkat 10 besar di wilayah jabodetabek.

11. jumlah mahasiswa aktif sampai saat ini berjumlah 90.000 terbagi dalam beberapa jurusan dan kelas.


Minus nya kuliah di unpam.

1. Wifi harus bayar per semester untuk mendapatkan akses ke wifi kampus

2. Sarana laboratorium komputer katanya sudah ada, namun jumlahnya terbatas, dan hanya untuk praktek jurusan tertentu saja. (kelas saya S2 TI tidak pernah 1x pun menginjakan kaki ke lab komputer untuk praktek sampai tulisan ini di buat)

3. Perpustakaan buku-buku banyak, tempat lega dan rapih tetapi setiap mahasiswa di batasi jika mau pinjam buku, dengan batasan jumlah semester berapa anda kuliah disitu, itu buku yang dapat di pinjam. dengan jaminan kartu pelajar anda akan di tahan disana, jika kita tidak ada kartu parkir otomatis parkir di kampus jadi berbayar selama kartu pelajar kita di tahan di perpus.

4. Untuk Jurusan tertentu dosen pengajar banyak yg tidak relevan (tidak qualified) terhadap materi yang di ajarkan, sehingga terasa hambar ngalor ngidul neranginnya saat kuliah karena memang bukan core ke ahlian si dosen tersebut (Mungkin kekurangan jumlah dosen sehingga di paksakan untuk mengajar yg bukan pada bidangnya)

5. Jika parkir di dalam gedung unpam pulangnya antri, dan jika sudah lewat dari jam 21.40 wib, petugas parkirnya sudah pulang, padahal jam kuliah malam itu mulai dari jam 18.20 - 20.00 kemudian jam ke 2 mulai jam 20.00 - 21.40. tetapi jika pulang jam 21.40 wib petugas parkir yang pakai kartu pelajar sudah pada pulang, jadinya bayarnya ke satpam.
kita akan di kenakan biaya parkir 2000 per 1 motor, tapi jika bayar pakai 5000, 10.000 akan kembaliannya 2000 dan 7000 (bayarnya jadi 3000).

6. Waktu kuliah tidak ontime, seringnya pulang lebih cepet dari jadwal yg sudah dibuatkan sama team akademik kampus (untuk bebarapa mahasiswa merasa senang jika pulangnya lebih cepet, tapi hitung-hitungannya aslinya mahasiswa juga yang di rugikan, karena bayar kuliah tetap sama tanpa ada pengurangan).


Demikian unek-unek yang bisa saya jabarkan berdasarkan pengalaman pribadi, tentu saja ini bisa saja tidak akurat dengan pengalaman mahasiswa yang lain. disclaimer ini bukan kritik dan saran buat kampus atau menjelek-jelekan nama kampus, tetapi jika pihak kampus merasa perlu membaca ini maka bisa di pertimbangkan sebagai bahan masukan untuk perbaikan masa mendatang.


selamat membaca, terima kasih.

gambar: ngambil dari www.google.com


Share:

0 comments:

Post a Comment

jumlah pengunjung

BTemplates.com

Search This Blog

Powered by Blogger.

Translate

about us

My photo
Tangerang, Kota Tangerang, Indonesia
Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, senang bermain komputer atau laptop.