Friday, January 20, 2023

Kuliah sambil kerja Part 3

 Hi Para Pembaca.

Kita lanjut ya part 3 nya. setelah part 1 dan part 2 sudah panjang dan lebar saya tuliskan di atas, silahkan di baca di tulisan sebelumnya. part 1 mengenai perjalanan dari lulus smk sampai bisa daftar kuliah, dan part ke 2 bagi waktu saat kuliah. part ke 3 ini saya akan bahas ke sana sini.

part 3 ini. perjalanan kuliah hampir sama setiap semesternya yaitu kerja pagi, kerja malam, kuliah di hari sabtu minggunya. sampai pada semester 3 selesai, selesai pulalah cicilan motor beat saya yang sebelumnya dicicil. alhamdulillah lunas. dan lagi-lagi berkat doa dari orang tua kuliah lancar, cicilan motor lancar sampai dengan lunas, dan kerja di pabrik juga kontraknya di perpanjang lagi 6 bulan 6 bulan terus sampai saat ini.

setelah semester 3 selesai, alhamdulillahnya lagi kerja di tempatkan menjadi admin bukan lagi operator mesin press, karena status sedang kuliah artinya bisa mengoperasikan komputer, dan bisa program standar yaiut microsoft word dan excel. langkah nekad berikutnya adalah saya mencoba ngambil cicilan motor lagi buat di pakai operasional kerja dan kuliah disini. setelah punya motor ternyata enak bisa kesana-kesini,

finally semester 3 selesai, di tempat kerja dapat kerja non shift artinya malam hari saya kosong tidak ada perkerjaan selain belajar buat mempersiapkan kuliah di hari sabtu minggunya,  sehingga akhirnya tertarik untuk kuliah dengan jurusan lain di kampus lain di waktu malam hari karena sudah tidak kena shift alias non shift kerja di pabrik tersebut.

singkat cerita setelah mencari kampus lain dan menemukan jurusan yang saya minati yaitu jurusan sastra inggris karena pingin bisa bahasa inggris. nyari info dan baca-baca di google, ternyata cakupan keja untuk lulusan sastra inggris sangat luas bisa kerja disana disini menggunakan modal bahasa ingris. 


Sumber : Google.com

pas banget akhir bulan tiba dan dapat gajian seperti biasa, mulai bagi-bagi postnya untuk bayar kuliah A segini, cicilan motor segini, bayar kontrakan segini, beli pulsa dan paket internet segini, bensin segini, masih ada sisa sekitar 500-600k aslinya buat makan sehari-hari selama sebulan, tetapi dengan modal nekad lagi akhirnya daftar kuliah lagi di kampus lain dengan jurusan sastra inggris.

berjalan waktu, kuliah di kampus sebelumnya dengan status sebagai mahasiswa aktif semester 4 dan mahasiswa baru jurusan sastra inggris semester 1. luar biasa pusing bagi waktu pagi sampai sore kerja, malam hari kuliah dari jam 18.30 - 21.30 wib. pulang sampai rumah jam 22,00 wib. sabtu minggu kuliah lagi, uuuhhhh luar biasa pusing bagaimana cara belajarnya. dan bagi waktunya supaya bisa berjalan dengan baik sebagai mana mestinya dan apa yang harus di korbankan.

tidak ada yang bisa di korbankan, geser sana sini susah dan korbannya adalah IPK nya turun dari 3,8 di kampus sebelumnya turun drastis menjadi 3,3 dari 4.0. dan kampus sastra inggris dapat 1,9 dari 4.0. sangat-sangat kecil sekali nilai ipk nya.

belum berhenti sampai disitu, kuliah 2 kampus ada libur semester secara bersamaan alhamdulillah pikir saya bisa buat istirahat, tetapi dunia berkata lain, kampus ke 2 yang sastra inggris menawarkan kuliah untuk double degree dengan kampus rekanan yang memiliki jurusan pendidikan bahasa inggris, tertarik dengan programnya akhirnya tanpa pikir panjang, ambil lah tawaran itu karena memang kuliahnya di saat libur semester kampus sastra inggrisnya.

sedang berjalan kuliah di kampus 1 (jurusan sistem informasi fakultas IT) semester 4, kampus ke 2 (jurusan Sastra Inggris fakultas sastra) semester 1 dan kampus ke 3 (jurusan pendidikan bahasa inggris fakultas pendidikan) semester 1. pusingnya juga ternyata bagi duitnya. waktu bisa di atur, duitnya tidak bisa di kompromi karena orang tua juga tidak ikut membantu, dan tidak dapat bantuan beasiswa karena di anggap mampu bisa punya gaji dan kuliah di kampus swasta.

ini murni kuliah dari biaya sendiri di 3 kampus dengan jurusan yang berbeda dalam waktu yang bersamaan, sambil kerja dan sambil nyicil motor pula.

lanjut di part berikutnya ya, di part 4.

kalau ada pertanyaan silahkan di ajukan di komentar, nanti akan saya jawab 1 per 1. jika ada yang belum paham bisa minta wa, saya bales di wa.

Share:

0 comments:

Post a Comment

jumlah pengunjung

BTemplates.com

Search This Blog

Powered by Blogger.

Translate

about us

My photo
Tangerang, Kota Tangerang, Indonesia
Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, senang bermain komputer atau laptop.